Nuraina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Mendidik bukan hanya tugas orang tua kandung

Mendidik bukan hanya tugas orang tua kandung

Mendidik adalah sebuah kata yang tidak asing dari kehidupan kita, sebuah kata yang terdengar sangat sederhana dan juga mudah diucapkan lisan, namun apakah praktek mendidik juga begitu mudah untuk dilakukan? Sebuah pertanyaan yang akan memunculkan jawaban yang bervariasi. Tentu saja praktek mendidik tidaklah semudah mengucapkannya. Pertanyaan selanjutnya yang sering muncul adalah tugas siapakah mendidik? Banyak dari kita akan menjawab tugas kedua orang tuanya, namun apakah benar sesimple itu, ternyata tidak, karena terbukti begitu banyak orang tua yang shalih dan Shalihah kemudian tidak mampu menghasilkan anak yang juga shalih dan Shalihah, namun sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa tugas mendidik itu tidak hanya menjadi tugas kedua orang tuanya. Lalu tugas siapakah mendidik? Kita akan mengambil sebuah contoh, suatu hari Ani yang masih berusia 3 tahun yang dirumahnya dididik dengan bahasa yang baik oleh orang tuanya, hari itu pergi bermain kerumah temannya yang biasa berbicara dengan bahasa yang kurang sopan, maka bisa dijamin akan ada bahasa kurang sopan yang ia rekam dan dibawa pulang kerumahnya. Atau contoh lain, seorang anak yang oleh orang tuanya sering dibawa ke Mesjid dan melihat orang shalat, maka Iapun mengikuti orang shalat dan mempraktekkan juga ketika Ia dirumah.

Nah dua contoh ini mengajarkan kepada kita bahwa proses mendidik itu bukanlah sekedar tugas kedua orang tua,, namun tugas mendidik adalah tugas semua orang, yaitu semua orang yang punya interaksi dengan si anak, atau kita biasa menyebutnya" lingkungan".

Nah ternyata lingkungan inilah yang punya peran terbesar dalam mendidik anak-anak kita. Maka bisa dijamin jika lingkungan kita tinggal, lingkungan anak bersekolah, dan bermain baik, maka baiklah anak-anak kita. Begitu juga sebaliknya.

Semoga termotivasi untuk selalu menghadirkan lingkungan yang baik dalam mendidik anak-anak kita, mulai dari memilih lingkungan tempat tinggal, lingkungan anak bersekolah dan memilihkan kawan-kawan terbaik untuk mereka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Semoga bermanfaat ,baru memulai menulis. Ditunggu kritik dan saran yang membangun

13 Jun
Balas

Mantap uni, adinda juga akan berusaha mengikuti uni. Menulis suatu keinginanku yg belum terwujud. Insya Allah akan kuusahakan menyediakan waktu untuk menulis.

13 Jun
Balas

Benar sekali, ayo semangat unt memberi mamfaat

13 Jun
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali